Commercial Selection Bali Airport - Ngurah Rai International Airport

Selamat datang di Pulau Dewata. Saat ini kami sedang membangun Terminal Internasional Baruyang baru. Temukan bagaimana caranya menjadi bagian.
Scroll Up/Down for more content

F.A.Q.

FAQ RFQ-RFP

1. Q : Berapa biaya yang dibutuhkan untuk mengunduh dokumen RFQ-RFP?
  A : Biaya yang dibutuhkan untuk mengunduh dokumen RFQ-RFP adalah Rp 14.000.000 per unit. Maka biaya yang harus dibayarkan perusahaan untuk melakukan penawaran untuk 1 unit adalah Rp 14.000.000. Perusahaan yang ingin melakukan penawaran terhadap 3 unit maka akan membayar Rp 42.000.000. Sejumlah unit terdiri dari lebih dari satu unit. Sebagai contoh terdapat 2 unit pada paket souvenirs. Maka untuk dapat melakukan penawaran paket tersebut, biaya yang harus dibayarkan adalah Rp 28.000.000.
2. Q : Informasi menyatakan bahwa biaya untuk mengunduh RFQ-RFP adalah per unit. Apa maksudnya?
  A : Biaya untuk mendownload RFQ-RFP dikalkulasikan berdasarkan jumlah unit, bukan paket. Biaya per unit adalah Rp 14.000.000. Sebagian besar paket terdiri dari 1 unit. Maka untuk dapat mendownload suatu paket tersebut haruslah membayar Rp 14.000.000 untuk tiap paketnya. Maka, jika perusahaan ingin memberikan penawaran pada 2 unit, biaya yang harus dibayar adalah Rp 28.000.000. Namun, terdapat sejumlah paket yang terdiri dari lebih dari 1 unit (Sebagai contoh: souvenir). Pada hal ini, maka biaya download untuk paket tersebut adalah tergatung dari jumlah unit yang ada di dalam paket. Sebagai contoh untuk paket souvenir yang memiliki 2 unit dalam paketnya, maka biaya yang harus dibayarkan adalah Rp 28.000.000.

 
3. Q : Pada sejumlah kondisi, terdapat paket yang terdiri dari 2 unit atau lebih. Apakah peserta dapat memberikan penawaran pada salah satu unit saja?
  A : Tidak. Tidak memungkinkan untuk membagi-bagi paket. Penawar harus mengumpulkan proposal untuk keseluruhan paket, dan semua unit di dalam paket tersebut.

 
4. Q : Bagaimana jika saya telah membayar pengajuan proposal untuk 4 paket namun akhirnya hanya mengajukan proposal untuk 3 paket saja?
  A : Jika ada perbedaan dalam pembayaran dan jumlah penyerahan proposal maka akan dikenakan proses berikut: Jika sebuah perusahaan membayar untuk empat (4) unit namun hanya mengajukan tiga (3) proposal maka tidak ada pengembalian kelebihan pembayaran tersebut. Ini terlepas dari kategori komersial.

 
5. Q : Bagaimana jika saya membayar untuk pengajuan tiga (3) proposal tapi kemudian memutuskan untuk mengajukan empat (4) proposal?
  A : Jika sebuah perusahaan membayar untuk mengikuti 3 (tiga) paket, namun kemudian ingin juga memberikan penawaran pada unit yang ke empat, maka dikenakan tambahan biaya Rp 14.000.000 yang harus dibayarkan sebelumnya agar PT. Angkasa Pura I (Persero) dapat memperbolehkan untuk mengajukan proposal yang ke empat. Jika pembayaran tidak dilakukan, maka proposal tersebut akan ditolak. Pembayaran biaya tambahan harus dilakukan diantara periode pembayaran yang tercantum pada bagian pembayaran RFQ-RFP.

 
6. Q : Apakah saya perlu menyebutkan paket tender yang saya akan ikuti pada saat melakukan pembayaran biaya RFQ-RFP?
  A : Ya, tolong sebutkan paket seleksi mana yang Anda pilih untuk pembayaran RFQ-RFP. Hal ini untuk memastikan bahwa PT Angkasa Pura I (Persero) dapat menyimpan catatan lengkap untuk semua proposal. Hal ini penting dalam mengundang peserta untuk melakukan proses klarifikasi dengan tepat.

 
7. Q : Jika kami memutuskan untuk menambahkan jumlah unit yang kami ajukan dalam pengumpulan proposal, apakah kami perlu melakukan penambahan pembayaran pengunduhan dokumen?
  A : JYa. Seluruh peserta harus membayar Rp 14.000.000 per unit yang akan mereka masukkan proposal penawaran. Jika paket tambahan yang ingin diikuti terdiri dari 2 unit, maka perusahaan tersebut harus memastikan untuk membayar biaya untuk setiap unit pada paket tersebut.

 
8. Q : Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengunduh dokumen RFQ-RFP setelah kami melakukan pembayaran?
  A : Kami akan memberikan informasi log in segera setelah melakukan konfirmasi pembayaran. Biasanya akan memakan waktu 1 hari kerja untuk mengirim email konfirmasi.

 
9. Q : Apakah perusahaan saya dinyatakan memenangi paket seleksi setelah melakuakan pembayaran RFQ-RFP sebesar Rp 14.000.000?
  A : Tidak. Pembayaran biaya RFQ-RFP menandakan peserta memiliki hak untuk mengunduh dokumen RFQ-RFP. Pemenang proses seleksi untuk setiap unit akan dipilih sesuai dengan pross seleksi dan penilaian terperinci dalam RFQ-RFP.

 
10. Q : Kami telah melakukan pembayaran dan mengunduh dokumen RFQ-RFP. Namun, kami mengalami beberapa masalah teknis dalam menyiapkan dokumen. Apakah diberikan perpanjangan waktu untuk menyerahkan dokumen yang dibutuhkan?
  A : Mohon maaf, tidak ada perpanjangan waktu. Rentang waktu untuk tahap RFQ-RFP adalah tetap, dan hanya bisa dirubah oleh pihak PT Angkasa Pura I (Persero). Proposal yang terlambat akan ditolak.

 
11. Q : Bahasa apakah yang digunakan oleh peserta untuk mengirimkan dokumen RFQ-RFP?
  A : Peserta diharuskan untuk mengirimkan balasan dokumen RFQ-RFP menggunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Kedua bahasa tersebut harus mengandung arti yang sama persis.
12. Q : Setelah kami membayar biaya dokumen RFQ-RFP, apakah kami mendapatkan tanda terima pembayaran?
  A : Iya. Setelah melakukan transfer pembayaran Anda diwajibkan mengirim email ke payment@commercialselectionbaliairport.com, termasuk semua informasi yang diperlukan. Silahkan dilihat pada bagian Informasi Pembayaran RFQ-RFP untuk melihat informasi yang diperlukan.

 
13. Q : Apakah biaya RFQ-RFP dikembalikan jika kami memutuskan untuk mengundurkan diri, atau tidak mengajukan proposal?
  A : Tidak. Biaya mengunduh RFQ-RFP tidak dapat dikembalikan.

 
14. Q : Setelah kami membayar biaya dokumen RFQ-RFP, apakah kami mendapatkan tanda terima pembayaran?
  A : Iya. Setelah melakukan transfer pembayaran Anda diwajibkan mengirim email ke payment@commercialselectionbaliairport.com, termasuk semua informasi yang diperlukan. Silahkan dilihat pada bagian Informasi Pembayaran RFQ-RFP untuk melihat informasi yang diperlukan.

 
15. Q : Apakah biaya RFQ-RFP dikembalikan jika kami memutuskan untuk mengundurkan diri, atau tidak mengajukan proposal?
  A : Tidak. Biaya mengunduh RFQ-RFP tidak dapat dikembalikan.

 
16. Q : Kapan waktu pengajuan proposal terakhir?
  A : Silahkan ikuti informasi yang tercantum dalam website.

 
17. Q : Apakah kami secara otomatis terpilih jika telah membayar biaya mengunduh RFQ-RFP?
  A : Tidak. Proses seleksi mitra usaha domestik terdiri dari 3 (tiga) tahap. Pada tahap pertama, panitia akan memastikan bahwa seluruh informasi yang dikirimkan peserta adalah sesuai dengan persyaratan. Jika terpilih, maka fase selanjutnya adalah analisis dokumen teknis, kualitas, dan konsep. Mengikuti dari hasil dari proses tersebut (maximum 3 tertinggi) akan diurutkan peserta dengan skor tertinggi. Hanya peserta yang masuk dalam daftar skor tertinggi yang akan mengikut proses pembukaan penawaran finansial dan analisis finansial. Detail lengkap dari proses ini tercantum pada RFQ-RFP.

 
18. Q : Kami memerlukan klarifikasi dokumen RFQ-RFP, atau memiliki pertanyaan berhubungan dengan interpretasi. Bisakah kami meminta klarifikasi langsung kepada karyawan PT Angkasa Pura I (Persero)?
  A : Tidak. Semua komunikasi dan pertanyaan harus disampaikan melalui website seleksi (bagian Pertanyaan dan Jawaban). Dalam hal dimana penawar langsung berhubungan langsung dengan karyawan PT. Angkasa Pura I (Persero) untuk memperoleh informasi, atau karena hal lainnya Domestic Selection Committee memiliki wewenang untuk mendiskualifikasi peserta dari Proses Seleksi.

 

 
19. Q : Apakah perusahan berbentuk Commanditaire Vennootschap (CV), Firma, UD dapat menjadi peserta proses seleksi komersial di terminal Domestik Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai?
  A : Ya. Anda dapat menjadi peserta seleksi, namun demikian jika Anda terpilih menjadi operator di Termina Domestik Bandara Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Anda diwajibkan untuk merubah status perusahaan Anda menjadi PT dalam waktu tiga (3) bulan sejak penandatanganan perjanjian.

 
20. Q : Saya adalah perusahaan dalam bentuk CV, Firma, UD yang telah masuk daftar peserta yang lolos (shortlisted) di proses tender/seleksi untuk Terminal Internasional Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Apakah saya diwajibkan untuk merubah status perusahaan saya ke PT?
  A : Ya. Anda diharuskan untuk merubahnya apabila Anda terpilih menjadi operator di terminal Domestik Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai dalam waktu tiga (3) bulan sejak penandatanganan perjanjian.